Lakukan 7 hal ini untuk cara mempercepat kinerja laptop yang lemot paling ampuh dan sudah saya buktikan sendiri gan. Berawal dari banyaknya pengguna komputer yang beralih menggunakan laptop, saat itu saya juga ikutan-ikutan menggunakan laptop. Benar sekali laptop terbilang sangat praktis, baik untuk aktivits pekerjaan ataupun hanya sekedar bersenang-senang. Bentuknya yang simple dan bisa menggunakan baterai, sehingga bisa dibawa kemana pun agan pergi. Akan tetapi, meskipun memiliki banyak keunggulan laptop tetap saja komputer dimana sesekali bisa terjadi error, ngeblank, ngehank, hingga not responding. Lebih parahnya lagi laptop menjadi lemot seperti yang akan kita bahas ini.

Cara mengatasi laptop yang lemot tentu sangat dibutuhkan, sebab laptop lemot bisa saja terjadi saat agan bermain game, browsing atah bahkan saat internetan. Baik untuk laptop dengan aplikasi windows 7, windows10 dan seterusnya. Dan tentunya hal ini penting sekali diketahui oleh agan yang setiap harinya beraktivitas ditemani dengan laptop. Diantaranya pekerja kantor dan pelajar untuk menyelesaikan tugas sekolah atau kuliah.

7 Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

Sebelumnya, sangat penting juga buat agan mengetahui penyebab laptop lemot, diantaranya memasang banyak aplikasi, laptop terkena virus, laptop jarang dirawat, kinerja Hard Disk sudah tidak optimal dan spesifikasi RAM yang kecil.

1. Bersihkan Laptop

Untuk metode pertama adalah menjaga kebersihan laptop, karena kita tahu kebersihan adalah segala-galanya. Bahkan ada slogan yang mengatakan “kebersihan sebagian dari iman.” Maka dari itu tetap jaga kebersihan laptop agar tidak lemot minimal 6 bulan sekali. Mulai dari membersihkan sela-sela keyboard hingga membuka cassing untuk membersihkan debu yang menempel di sela-sela mesin, misalnya pada kipas hatsing dan lainnya.

2. Pasang Aplikasi Ccleaner

Ccleaner berguna banget untuk menghapus data chace, dimana data chace adalah data sampah dan jika chace dibiarkan terus menumpuk bisa memperlambat kinerja laptop. Karena bisa memenuhi ruang RAM dan Hard Disk. Jadi, sebaiknya pasang Ccleaner, agan bisa mendowdnloadnya melalui pencarian google.

3. Pasang Anti Virus

Tidak jauh berbeda dengan memasang Ccleaner, memasang anti virus juga bisa mencegah laptop lemot. Karena bisa saja laptop lemot disebabkan oleh virus. Akan tetapi, dalam hal ini agan harus pintar-pintar memilih anti virus. Sebab banyak kejadian salah memilih anti virus malah membuat laptop lemot. Saran saya gunakan anti virus Smadav dan untuk hasil terbaik bisa agan upgrade ke Smadav PRO.

BACA JUGA:  Cara Mudah Mengatur Batas Pengetikan Pada Microsoft Office Word 2007

4. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Jika metode kedua dan ketiga menambahkan aplikasi, untuk metode yang keempat ini justru sebaliknya yaitu menghapus aplikasi. Akan tetapi aplikasi yang sudah tidak agan gunakan. Adapun cara menghapus aplikasi yang sudah tidak butuhkan adalah tap Start » control panel » uninstal a program » pilih aplikasi yang ingin dihapus » tap uninstal/changhe » tap OK.

5. Install Ulang Windows

Jika metode di atas sudah dilakukan dan dirasa laptop masih lemot, agan bisa install ulang windows kalau bisa ganti windows ke versi yang lebih ringan. Misalnya tadinya windows 8 coba ganti dengan windows 7. Saran saya lakukan install ulang windows minimal 6 bulan sekali.

6. Upgrade RAM

Wah masih tetap lemot nih gan, agan beralih ke hardware yaitu upgrade RAM. Biasanya laptop dengan spesifikasi standar hanya dibekali RAM 2GB. Agar loading laptop lebih cepat tanpa lemot upgrade RAM minimal ke RAM 4GB atau 8GB.

7. Ganti Hard Disk

Terakhir jangan lupa periksa juga element Hard Disk, hard disk yang sudah tidak bekerja optimal juga bisa mengakibatkan loading laptop lemot bahkan sering not responding saat membuka program aplikasi. Ganti hard disk dengan yang baru atau lebih bagus lagi ganti ke SSD.

Itulah 7 cara meningkatkan kinerja laptop 2 kali lebih cepat tanpa lemot. Jika cara di atas bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalah laptop lemot saya ucapkan terima kasih. Oh ia tetap berhati-hati dalam mengerjakannya, jangan sampai membuat laptop agan tambah rusak. Saran saya jika tidak menguasai cara di atas sebaiknya bawa laptop ke tukang service yang lebih ahli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here