Semua serba digital, mau ngelamar kerja saja sekarang salah satu syaratnya harus scan dokumen ke format PDF seperti Ijazah, Foto, KTP dan lainnya. Saya tidak tahu cara menggunakan printer scanner? Pergi ke warnet, sayang printer scanner canon mp237 milik sendiri di rumah tidak digunakan. Apakah ada tutorial lengkapnya untuk cara scan dokumen dengan printer canon?

Tentu saja ada dan sangat tepat sekali agan telah mampir ke blog aganatis.com yang sederhana ini. Dalam artikel ini bukan hanya saja cara scan dokumen dengan printer canon mp237. Namun bisa menggunakan printer canon merk lainnya, diantaranya canon mg2570, mp280 dan E410. Agan bisa scan dokumen dengan berbagai format mulai dari PDF, JPG atau Image.

Cara Scan Dokumen Ke PDF dengan Printer Canon

Untuk melakukan scan dokumen ke PDF caranya cukup mudah dan mirip dengan cara scan foto ke JPG atau Image. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pastikan printer scanner telah terhubung ke laptop atau komputer.

Pastikan printer scanner dalam keadaan ON.

Pastikan Laptop atau komputer dalam keadaan menyala.

Buka penutup scanner lalu letakkan dokumen yang ingin agan scan dengan posisi tertelungkup dan tutup kembali penutup scanner.

Sekarang arahkan mata agan menuju laptop atau komputer.

Silahkan klik star menu » All program » windows fax and scan » new scan.

Sebelum klik scan, ada baiknya agan meng-klik tombol Preview, karena di tombol preview ini agan bisa mengatur untuk hasil scan terbaik.

Cara Scan Dokumen Dengan Printer Canon MP230
Cara Scan Dokumen Dengan Printer Canon MP230

Mulai dari mengatur halaman yang ingin agan scan saja dengan menghilangkan tanda centang pada kotak kecil di samping tulisan Preview or scan image as sparate files atau ingin mengubah format file ke PDF, JPG, PNG dan yang lainnya dengan mengklik tombol di samping menu File Type.

BACA JUGA:  Cara Ampuh Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Kemudian agan bisa mengubah resolusi hasil scan jika terlalu kecil atau kegedean dengan mengubah angka di samping menu Resulution (DPI).

Setelah yakin dengan pengaturan tersebut silahkan agan klik tombol scan dan biarkan proses scan hingga selesai.

File hasil scan biasanya akan tersimpan secara otomatis di folder scaned dokumen.

Itulah cara scan dokumen ke PDF dengan printer canon milik sendiri yang telah saya lakukan. Sangat mudah bukan? Sekarang giliran agan sendiri untuk mempraktekkannya, semoga berhasil dan saya ucapkan terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here